Daftar Isi:
  • Setiap hotel pasti memerlukan peralatan, perlengkapan, maupun bahan-bahan untuk menunjang operasional hotel. Oleh karena itu, di sebuah hotel perlu diadakan pengadaan barang supaya dapat terealisasikan semua kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Purchasing Section dalam melakukan pengadaan barang di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu melalui metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Wawancara dilakukan secara purposive terhadap lima informan, yaitu satu orang perwakilan dari Purchasing Section, satu orang perwakilan dari supplier, satu orang Receiving Staff, satu orang perwakilan dari Kitchen, dan satu orang perwakilan dari Accounting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran purchasing section belum optimal dalam pengadaan barang di hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pimpinan baik Purchasing Manager maupun Purchasing Supervisornya. Kondisi ini mengakibatkan tidak adanya SOP, sehingga acuan untuk bekerjapun suka-suka karyawannya. Di sini sangat lemah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi kerja dalam pengadaan barang pun tidak optimal sering terjadi keluhan karena kurang efektif dan efesien. Kata Kunci : Hotel, Peranan, Pengadaan Barang, SOP, komunikasi.