Perilaku Agresi Online Terhadap Selebriti K-Pop Ditinjau Dari Moral Disengagement Dan Perceived Anonymity Pada Penggemar Musik Kpop Di Indonesia
Daftar Isi:
- Perilaku agresi online tidak hanya terjadi pada teman sebaya, tetapi juga pada selebriti. Hal ini memberi dampak negatif pada selebriti, bahkan dapat menyebabkan bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan moral disengagement dan perceived anonymity dengan perilaku agresi online terhadap selebriti pada penggemar musik K-Pop yang aktif menggunakan Instagram. Perilaku agresi online mengacu pada semua jenis gangguan, termasuk mengirimkan komentar pedas, menyebarkan materi visual yang tidak menyenangkan melalui Instagram, yang ditujukan pada selebriti. 114 penggemar berpartisipasi dalam pengisian kuesioner yang disebar secara online. Penelitian ini menggunakan Moral Disengagement Scale milik Hymel, Rocke-Henderson, dan Bonanno, serta Perceived Anonymity Scale milik Hite, Voelker, dan Robertso. Untuk variabel dependen, dilakukan konstruksi instrumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku agresi online terhadap selebriti berhubungan secara signifikan dengan moral disengagement. Namun, tidak berhubungan secara signifikan dengan perceived anonymity. Penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk membuat intervensi terkait perilaku agresi online terhadap selebriti.