Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh anime Hanasaku Iroha terhadap pengambilan keputusan konsumen otaku untuk berkunjung ke Kanazawa, Jepang. Penggunaan anime sebagai alat promosi merupakan suatu cara promosi yang kerap diminati oleh banyak perusahaan saat ini. Anime Hanasaku Iroha merupakan salah satu anime yang digunakan sebagai hal tersebut. Anime tersebut menarik untuk diteliti karena produk yang dipromosikan di dalamnya berupa kota, tepatnya kota Kanazawa, Jepang. Didapati bahwa sama sekali tidak disebutkan dalam anime Hanasaku Iroha nama kota “Kanazawa”. Namun, kota tersebut berhasil kedatangan 15.000 turis karena pengadaan festival yang berasal dari anime tersebut. Kunjungan kota Kanazawa karena anime Hanasaku Iroha tergolong sebagai praktik pariwisata konten yang kerap dilakukan oleh otaku, atau biasa disebut sebagai seichi junrei. Fenomena tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti apakah anime Hanasaku Iroha memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen audiensnya, yaitu otaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden dengan purposive sampling. Indikator untuk variabel anime Hanasaku Iroha adalah elemen-elemen kreatif anime tersebut yang diposisikan sebagai tahap input pada model consumer decision-making. Untuk variabel pengambilan keputusan konsumen, indikatornya adalah tahap process dan output pada model consumer decision-making. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (hingga tahap process) dengan arah pengaruh positif dan besar pengaruh 5,1% yang tergolong tingkatan sangat rendah.