Gambaran Perilaku Job-Hopping Pada Karyawan Generasi Milenial
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku job-hopping pada karyawan generasi milenial. Fenomena ini menarik karena perilaku berpindah-pindah pekerjaan sudah dianggap lumrah oleh kebanyakan orang, terutama oleh generasi milenial sebagai generasi yang akan mengisi lebih dari 40% angkatan kerja global. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penggalian data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis tematik dengan pendekatan data driven. Jumlah subjek pada penelitian ini berjumlah delapan orang dimana seluruh subjek merupakan generasi milenial yang melakukan job-hopping. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku job-hopping merupakan perilaku yang didasari oleh perasaan tidak nyaman seseorang dalam pekerjaan yang ia jalani. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut, yaitu faktor individu dan faktor organisasi. Faktor organisasi memunculkan perasaan nyaman atau tidak di pekerjaan, sedangkan faktor individu mendorong seseorang melakukan job-hopping, terlepas dari nyaman atau tidaknya pekerjaan.