Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan pengaruh social media marketing pada salah satu platform media sosial yaitu instagram, terhadap pengambilan keputusan memilih jasa production house yang ada di Surabaya. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena objek penelitian yaitu production house, adalah salah satu industri kreatif yang menawarkan jasa audio visual. Selain itu peneliti memilih platform instagram, karena di Indonesia instagram termasuk dalam keempat terbesar di dunia dalam data jumlah pengguna aktif instagram. Pada penelitian ini guna mengetahui ada tidaknya pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap pengambilan keputusan memilih production house, dan seberapa besar pengaruhnya. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori AIDA (attention, interest, desire dan action) dan dimensi sosial media marketing menurut As’ad dan Alhadid. Subyek penelitian ini yaitu penduduk Surabaya, berusia 20-29 tahun, pengguna aktif sosial media instagram dan yang pernah menggunakan jasa audio visual atau production house. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang mencoba menjelaskan ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh social media marketing terhadap pengambilan keputusan, dengan metode penelitian survey, dan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Berdasarkan survey yang dilakukan peneliti terhadap 100 responden, hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh instagram sebagai social media marketing terhadap pengambilan keputusan memilih production house dan memiliki besar pengaruh 59.8% (kuat).