Hubungan Deindividuasi Dengan Classroom Incivility Pada Mahasiswa Universitas Airlangga
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara deindividuasi dengan classroom incivility pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Pengambilan sampel dari populasi tersebut menggunakan Teknik probability sampling yaitu random sampling. Penelitian ini diambil dari 14 Fakultas di Universitas Airlangga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui survei. Alat ukur deindividuasi yang disusun peneliti berdasarkan definisi dari Myers (2014) untuk memperoleh data deindividuasi dan memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,890. Alat ukur classroom incivility dikembangkan dari empat konstruk yang telah dikemukakan Feldmann (2001). Hasil koefisien reliabilitas cronbach alpha alat ukur classroom incivility sebesar 0,863. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman Rho dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistic 22 for windows. Hasil analisis variabel penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,647 dan taraf signifikansi (2-tailed) 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara deindividuasi dengan classroom incivility pada Mahasiswa Universitas Airlangga.