Memformulasikan Strategi Bersaing Airlangga University Press
Daftar Isi:
- Airlangga University Press adalah perusahaan penerbitan buku ajar dengan segmentasi produk untuk perguruan tinggi. Dengan tingkat persaingan bisnis saat ini maka penting bagi AUP untuk merumuskan strategi bersaing yang sesuai dengan kondisi eksternal dan internal yang dimilikinya. Analisis dalam penelitian ini dilakukan terhadap profil perusahaan, analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internalnya. Lingkungan eksternal mencakup analisis lingkungan makro dan mikro. Analisis internal dilakukan dengan menggunakan capability profile analysis dan value chain analysis. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan dalam kuadran IE Matrix bahwa AUP memiliki posisi pada koordinat 2,63;2,84 atau cell V yaitu pada kondisi Hold and Maintain. Pada kondisi ini perusahaan disarankan untuk melakukan strategi market penetration dan product development. Untuk memperkuat strategi tersebut adalah melalui penciptaan buku yang berkualitas, serta pelayanan untuk menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap buku AUP. Kualitas produk buku ajar tidak hanya sesuai kaidah penulisan, lebih dari itu produk buku harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen berdasarkan kriteria penilaian buku yang mencakup kriteria penerbit, kriteria fisik, kriteria isi, dan kriteria instruksi. Sementara untuk pelayanan ditekankan pada penerapan Customer Relationship Management (CRM) dan pembekalan product knowledge pada karyawan bidang pemasaran.