Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai analisis isi terhadap objektivitas video review otomotif di media YouTube. Penelitian ini mengambil fokus pada identifikasi objektivitas pada video review kendaraan oleh AutonetMagz di media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan lembar koding. Konsep yang dipilih untuk mengukur objektivitas adalah konsep objektivitas menurut J. Westerstahl, yang kemudian dioperasionalisasikan kedalam beberapa indikator. Karena belum ada metode yang shahih untuk mengukur objektivitas pada platform media sosial YouTube, maka konsep tersebut dipilih karena alasan penggunaan yang paling relevan dan dinilai tepat mengukur indikator-indikator pada unit analisis penelitian ini. Penelitan ini dilakukan terhadap sampel berupa 20 video review oleh AutonetMagz di media sosial YouTube, yang dipilih berdasar 20 video terbaru. Dengan batasan video terbaru adalah vdieo review terakhir yang diunggah oleh AutonetMagz pada saat penelitian ini dilakukan, yaitu buan maret 2020. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa keseluruhan sampel sudah menerapkan objektivitas. Penerapan objektivitas dilihat dari beberapa indikator penelitian yang sudah terpenuhi. Akan tetapi keseluruhan sampel masih belum memenuhi indikator objektivitas secara sempurna.