Literasi Keuangan, Literasi Layanan Keuangan Digital Dan Partisipasi Perbankan Pada Siswa Sma Komplek Surabaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap literasi layanan keuangan digital dan partisipasi perbankan, pengaruh literasi layanan keuangan digital terhadap partisipasi perbankan siswa SMA, dan pengaruh karakteristik individu terhadap literasi keuangan dan literasi layanan keuangan digital. Karakteristik individu diwakili dengan menggunakan jenis kelamin, usia siswa, pendapatan orang tua dan pendidikan terakhir orang tua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan metode analisis yang digunakan adalah partial least square. Data diperoleh melalu penyebaran kuesioner kepada 398 siswa SMAN di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan secara langsung tidak berpengaruh terhadap partisipasi perbankan sedangkan literasi layanan keuangan digital berpengaruh terhadap partisipasi perbankan. Selain itu, jenis kelamin, usia siswa dan pendapatan orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan dan literasi layanan keuangan digital.