Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada tenaga penjualan di Indonesia. OCB adalah perilaku diskresi—jenis perilaku yang bukan dari deskripsi pekerjaan—yang secara tidak langsung diakui oleh sistem reward formal dan diyakini secara langsung mempromosikan fungsi yang efektif dalam perusahaan (Organ, 1988). Sedangkan big five personality merupakan sebutan untuk lima sifat utama kepribadian yang disusun oleh Costa dan McCrae (1992). Hipotesis penelitian ini adalah sifat openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism secara parsial berpengaruh terhadap OCB pada tenaga penjualan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 189 tenaga penjualan dengan metode survei. OCB diukur menggunakan modifikasi skala dari Podsakoff & MacKenzie (1994). Big five personality diukur dengan skala IPIPBFM- 25 oleh Akhtar & Azwar (2018). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda standar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sifat openness, conscientiousness, dan extraversion tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB pada tenaga penjualan. Sedangkan sifat agreeableness dan neuroticism memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB pada tenaga penjualan