Pengaruh Physical – Social Attractiveness Dan Attitude Homophily Terhadap Kredibilitas Influencer, Parasocial Interaction Dan Purchase Intention Di Instagram
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari kredibilitas influencer dan juga parasocial interaction terhadap purchase intention, bersama dengan physical – social attractiveness dan attitude homophily. Penelitian ini menggunakan satu influencer lifestyle yang terkenal di Indonesia, terutama di media sosial Instagram. Responden pada penelitian ini terdiri dari media user Instagram yang mengenal dan pernah mengunjungi akun Instagram Arief Muhammad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif yang menguji tujuh hipotesis menggunakan analisis Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menggunakan software Smart PLS 3.0. Data penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan jumlah responden sebanyak 163 orang. Hasil penelitian menunujukkan bahwa attitude homophily dan social attractiveness berpengaruh positif terkait dengan parasocial interaction sedangkan variabel physical attractiveness menunjukkan hubungan negatif atau tidak ada hubungannya dengan parasocial interaction. Kemudian physical attractiveness dan attitude homophily berpengaruh positif terhadap kredibilitas influencer. Kredibilitas influencer dan parasocial interaction menunjukkan hubungan yang signifikan dan positif terhadap purchase intention.