Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kenyamanan, dimensi keamanan, dimensi kemudahan, dimensi desain, dan dimensi sistem aplikasi pada layanan mobile banking (m-banking) baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan nasabah pada bank syariah. Data survei padapenelitian ini didapatkan dari 100 responden pengguna mobile banking (m-banking) dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah yang menggunakan layanan mobile banking (m-banking) pada 5 bank syariah yang mendapatkan predikat TOP Brand Award 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, analisis koefisien determinasi, serta robustness test. Hasil menunjukkan bahwa tiga variabel bebas yaitu dimensi kenyamanan, dimensi desain, dan dimensi sistem aplikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah, sementara dua variabel bebas lainnya yakni dimensi keamanan dan dimensi kemudahan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara simultan semua variabel bebas meliputi dimensi kenyamanan, dimensi keamanan, dimensi kemudahan, dimensi desain, dan dimensi sistem aplikasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.