Pengaruh Csr Internal Dan External Terhadap Organizational Attractiveness Dan Intention To Apply: Corporate Reputation Sebagai Variabel Mediasi Pada Millennial Applicants
Daftar Isi:
- Intention to apply penting untuk applicant sebelum melamar pekerjaan. Intention to apply dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya seperti corporate reputation, organizational attractiveness, CSR internal dan external. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR internal dan external terhadap organizational attractiveness dan intention to apply dengan corporate reputation sebagai variable mediasi. Penelitian ini menggunakan Populasi yang digunakan yaitu millennial applicants pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Angkatan 2016. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan sampel 143 mahasiswa. Untuk menganilisis hubungan antar variabel, penelitian ini menggunakan PLS atau partial least square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) CSR-internal berpengaruh terhadap corporate reputation, (2) CSR-external berpengaruh terhadap corporate reputation, (3) corporate reputation berpengaruh terhadap organizational attractiveness, (4) CSR-internal berpengaruh terhadap organizational attractiveness, (5) CSR-external tidak berpengaruh terhadap organizational attractiveness (6) corporate reputation memediasi hubungan antara CSR internal dan organizational attractiveness (7) corporate reputation memediasi hubungan antara CSR-external dan organizational attractiveness, (8) organizational attractiveness berpengaruh terhadap intention to apply. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan adanya CSR internal dan external serta corporate reputation dapat digunakan sebagai daya tarik bagi applicant sehingga dapat meningkatkan niat applicant untuk melamar pekerjaan (intention to apply).