Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh orientasi strategis terhadap kinerja UMKM di Kota Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga meneliti apakah inovasi memediasi hubungan orientasi strategis dan kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Partial Least Squares (PLS) serta Statistical Product and Service Solutions (SPSS) untuk menguji hipotesis. Kuisioner dikumpulkan dari UMKM yang berada di Kota Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 273 UMKM di Kota Surabaya yang bergerak di bidang kuliner. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling yang dipergunakan untuk mengambil sampel secara representatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan model mediasi untuk menguji pengaruh tidak langsung dari inovasi. Hasil menunjukan bahwa orientasi strategis secara langsung dan positif signifikan mempengaruhi kinerja UMKM di Kota Surabaya. Analisis lebih lanjut membuktikan bahwa inovasi memediasi parsial hubungan orientasi strategis dan kinerja UMKM. Penelitian ini menunjukan bahwa UMKM harus memiliki strategis yang tepat serta inovatif sehingga dapat meningkatkan kinerja UMKM. Penelitian ini berfokus pada UMKM di Kota Surabaya sehingga harus berhati hati ketika menggeneralisasikanya ke kota-kota lain dan sector bisnis lain.