Daftar Isi:
  • Hewan merupakan makhluk atraktif dan dinamis yang membutuhkan perawatan khusus terutama tentang kesehatannya. klinik hewan adalah tempat pelayanan jasa medik veteriner yang dijalankan oleh seorang dokter hewan dan memiliki fasilitas pemeriksaan kesehatan hewan, tidak hanya secara konvensional namun secara tradisional juga banyak dilakukan yaitu metode elektroakupunktur karena dinilai sangat efektif, ekonomis dan tidak memiliki efek samping sehingga perlu dilakukan penelitian terkait kepuasan klien terhadap pelayanan elektroakupunktur hewan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan klien sebagai indikator keberhasilan strategi manajemen klinik hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan klien terhadap pelayanan elekroakupunktur hewan berdasarkan indeks kepuasan klien dalam lima dimensi kualitas pelayanan (tangibel, reliability, responsiveness, assurance dan empati) menggunakan metode survey dengan memberikan kuisioner kepada informan dibantu dengan alat dokumentasi serta wawancara. Selanjutnya di analisa dengan menggunakan IKK dan IPA untuk mengetahui tingkat kesesuaian berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan (kinerja). IKK akan ditampilkan dalam diagram laba-laba (spider web) untuk membandingkan tingkat kinerja dan harapan. Dilakukan pengumpulan data primer (utama) terhadap 30 informan yang melakukan pelayanan elektroakupunktur pada hewan lebih dari satu kali di klinik hewan La Femur di Surabaya dengan teknik kuisioner, wawancara, okumentasi. Kuisioner yang digunakan yaitu kuisioner skala Likert dan informan cukup menjawab pertanyaan pada kolom yang sudah tersedia yaitu memberi pilihan lima jawaban alternatif diantaranya: sangat puas diberi skor 5, puas diberi skor 4, cukup puas diberi skor 3, tidak puas diberi skor 1. Lima dimensi kualitas pelayanan elektroakupunktur hewan klinik La Femur menunjukkan nilai puas klien terhadap pelayanan tersebut yaitu tangibel 0.91, reliability 0.96, responsiveness 0.98, assurance 0.98, dan emphaty 0.98. Berdasarkan indikator masing-masing dimensi pelayanan elektroakupunktur hewan klinik La Femur tidak menunjukkan nilai di bawah standart. Klien puas terhadap indikator pada pelayanan elektroakupunktur hewan di klinik hewan La Femur.