Mewacanakan Kembali Nilai-Nilai Pluralisme untuk Pendidikan yang Humanis
Main Author: | Tuti Budirahayu |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Departemen Sosiologi FISIP UNAIR
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/97439/2/8A_FULL%20TEXT_MEWACANAKAN%20KEMBALI%20PENDIDIKAN%20PLURALIS-REVISI.pdf http://repository.unair.ac.id/97439/1/8_HASIL%20PEER%20DAN%20VALIDASI%20KADEP%20KARIL%20BU%20TUTI.pdf http://repository.unair.ac.id/97439/3/8T_FULL%20TEXT_MEWACANAKAN%20KEMBALI%20PENDIDIKAN%20PLURALIS-REVISI.docx.pdf http://repository.unair.ac.id/97439/ |
Daftar Isi:
- Berbagai fakta dan realitas yang mengarah pada pertentang, konflik, kekerasan hingga pada upaya memecah belah keutuhan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini terus berlangsung. Jika tidak segera diredam dan diatasi oleh para penegak hukum dan negarawan di bumi Indonesia, niscaya fenomena tersebut akan semakin menajam dan benar-benar memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pertentangan, konflik,hingga kekerasan yang menuju perpecahan pada umunya dimulai dari kesalahpahaman tentang perbedaan identitas (agama, suku, ras, budaya, gender, atau kelompok-kelompok sosial lainnya), kesenjangan sosial-ekonomi, atau dominasi atas kepemilikian sumber daya. Tajamnya kesenjangan stratifikasi dan beragamnya diferensiasi dalam struktur masyarakat Indonesia menjadi faktor yang sangat potensial bagi perpecahan kelompok atau elemen-elemen masyarakat di negara ini.