Upaya Peningkatan Angka Kontak Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Klinik Pratama (Studi di PLK-UA Kampus B Unair Surabaya)
Daftar Isi:
- Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan primer BPJS Kesehatan menerapkan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan. Salah satu indikator untuk menilainya ialah Angka Kontak. Target Angka Kontak yang harus dipenuhi adalah paling sedikit 150‰ (seratus lima puluh per mil) setiap bulan. Namun, PLK-UA Kampus B Unair tidak mencapai target tersebut pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan Angka Kontak di PLK-UA Kampus B Unair. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan analitik yang menggunakan rancang bangun kasus-kontrol. Penelitian dilakukan di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga (PLK-UA) Kampus B Unair. Populasi penelitian adalah semua peserta JKN yang terdaftar di PLK-UA Kampus B Unair. Sampel kasus adalah peserta JKN terdaftar yang kontak, sedangkan sampel kontrol adalah peserta JKN terdaftar yang tidak kontak dengan PLK-UA Kampus B Unair dalam periode waktu 6 bulan sebelum penelitian. Besar sampel per kelompok ialah 67 peserta JKN sehingga secara total semua responden berjumlah 134 orang peserta JKN. Penarikan sampel menggunakan systematic random sampling. Analisis bivariabel menunjukkan faktor pendidikan, pendapatan, kepesertaan, kebutuhan, sikap, jarak dan transportasi tidak berhubungan dengan kontak peserta JKN dengan PLK-UA Kampus B Unair. Variabel yang berhubungan secara signifikan dengan kontak berdasarkan analisis bivariabel adalah umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, pengetahuan, dan ketersediaan informasi layanan kesehatan. Selain itu, analisis multivariabel menunjukkan bahwa faktor ketersediaan informasi layanan kesehatan memiliki pengaruh yang paling besar dibandingkan yang lain, diikuti oleh faktor jenis kelamin, umur, dan kepesertaan. PLK-UA Kampus B Unair direkomendasikan untuk melengkapi informasi yang ada di klinik dengan informasi jadwal pelaksanaan layanan kunjungan sehat. Begitu pula dengan informasi berbasis web. Informasi harus mencakupi pelayanan yang disediakan di mitra PLKUA Kampus B Unair. PLK-UA Kampus B Unair juga direkomendasikan untuk menyebarluaskan informasi tentang manfaat JKN, terutama layanan kunjungan sehat di gedung PLK-UA Kampus B Unair dan di web.