Analisis Pengaruh Rekomendasi Produk Dari Official Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Online Menggunakan Model Signaling Theory

Main Author: Anisa Firdausa, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/97252/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/2/2.%20ABSTRAK%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/3/3.%20DAFTAR%20ISI%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/4/4.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/5/5.%20BAB%20II%20TINJAUAN%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/6/6.%20BAB%20III%20%20METODE%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a%20PENELITIAN.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/7/7.%20BAB%20IV%20%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/8/8.%20BAB%20V%20%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/10/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/12/10.%20LAMPIRAN%206.%20KKC%20KK%20FST.ST.SI.10-20%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/97252/
Daftar Isi:
  • E-marketplace merupakan pasar virtual dimana pembeli dan penjual dapat bertukar informasi tentang harga dan penawaran produk serta layanan, juga untuk bernegosiasi dan melaksanakan transaksi bisnis. Rekomendasi produk yang ada di media sosial ataupun official account e-marketplace dapat mempengaruhi pembelian konsumen, baik yang direncanakan maupun secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dari integrasi model Signaling Theory untuk mengeksplorasi bagaimana rekomendasi produk pada official account e-marketplace mempengaruhi keputusan pembelian online. Pada model Signaling Theory terdapat 8 variabel dan 9 hipotesis. Tahapan dalam penelitian ini ada tujuh tahap, yaitu meliputi penentuan model dan hipotesis, penentuan populasi dan sampel, penyusunan kuesioner, evaluasi kuisioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, analisis hasil dan penyusunan rekomendasi. Kuisioner terdiri dari 46 butir pertanyaan yang terdiri dari 15 pertanyaan mengenai karakteristik responden dan 31 pertanyaan mengenai variabel terkait. Data yang diperoleh sebanyak 390 responden. Pengolahan data menggunakan metode CB-SEM, namun data yang diolah tidak memenuhi asumsi normalitas. Maka selanjutnya data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 9 hipotesis yang diajukan, 8 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak yaitu H7 (Affective trust in recommender berpengaruh terhadap urge to buy impulsively) dengan nilai T Statistic 1,603 dan nilai P values 0,109 yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antar variabel. Variabel pada model signaling theory memberikan pengaruh terhadap strategi pemasaran rekomendasi produk oleh official account e-marketplace terhadap keputusan pembelian pengguna.