Antesedenperilaku Brand Tribalism Dengan Konsekuensi Hasil Behavioral Intention Pada Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Rising Force Online
Daftar Isi:
- Dalam mengikat dan mempertahankan konsumen, penting untuk menjaga hubungan jangka panjang antara konsumen dan perusahaan yang salah satunya menggunakan brand community atau brand tribalism yang pada penelitian ini melambangkan aspek sosial seperti segmentary lineage dan social structue berfokus mempengaruhi strategi pemasaran, komunitas online dikatakan sebagai massively multiplayer online role playing game (MMORPG) kemudian dianggap sebagai konsumen yang berbudaya. Anteseden brand tribalism yakni attachment terhadap RF Online, dual-process theory terkait dengan RF Online, komitmen terhadap MMORPG. Sehingga suku MMORPPG mengambil peran ekspresi diri pemain seperti self-esteem. Serta hubungan moderasi dari investment size mempengaruhi tribalism MMORPG yang menguatkannya terhadap self-esteem pemain, sehingga menghasilkan perilaku consumer intention behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer dengan melewati tahap uji statistik menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Responden yang diambil pendapatnya berasal dari komunitas facebook RF Online dengan kategori aktif bermain RF Online sebanyak 391 yang terisi, dan data diambil menggunakan kuisioner online. Kemudian hasil menunjukkan jika hubungan penting dari anteseden brand tribalism yang tidak berpengaruh yakni brand attachment dan cognitive involvement, namun dual-process berpengaruh tidak langsung terhadap brand tribalism melalui commitment pemain. Terakhir efek moderasi investment size tidak dapat memperkuat hubungan antara brand tribalism dan self-esteem.