ADOPSI INOVASI PENGGUNA SUROBOYO BUS SEBAGAI KAMPANYE DIET SAMPAH PLASTIK OLEH PEMERINTAH KOTA SURABAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada adopsi inovasi pengguna Suroboyo Bus sebagai Kampanye Diet Sampah Plastik oleh Pemerintah Kota Surabaya. Transportasi umum pertama di Indonesia yang menciptakan inovasi sampah plastik sebagai metode pembayarannya, serta fasilitas-fasilitas baru lainnya yang belum pernah disediakan untuk transportasi umum lainnya di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara kepada pengguna Suroboyo Bus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karakteristik inoovasi dan difusi inovasi yang dikaitkan dengan social marketing serta beberapa teori lainnya yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa setiap informan memiliki tingkat adopsi inovasi yang unik dan beragam terhadap Suroboyo Bus, mulai dari fasilitasnya sebagai transportasi umum, hingga sebagai inovasi Kampanye Diet Sampah Plastik oleh Pemerintah Kota Surabaya. Perbedaan pengalaman ini disebabkan terdapat perbedaan latar belakang dan kebutuhan serta keinginan dari Suroboyo Bus yang meliputi keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan diuji coba, dan kemungkinan diamati