Pengaruh Agreeableness dan Conscientiousness terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Pegawai Pelayanan Publik
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi agreeableness dan conscientiousness Kepribadian Big Five terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada pegawai pelayanan publik. Dimensi agreeableness menjelaskan orientasi individu yang mengarah pada perilaku interpersonal, antara lain compassion, respectfulness, dan interpersonal trust. Sementara, dimensi conscientiousness merupakan dimensi yang mengukur derajat organisasi seseorang, ketekunan, serta motivasi untuk mencapai tujuan (Soto & John, 2016). Organ (1988, dalam Barling & Cooper, 2008) mendefinisikan OCB sebagai perilaku individu yang diskresioner, tidak secara langsung atau eksplisit diakui oleh formal reward, dan jika dilakukan secara agregat akan menaikkan efisiensi dan efektivitas fungsi organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research yang dilakukan pada pegawai pelayanan publik sebanyak 120 orang dengan menggunakan alat ukur BFI-2 sebanyak 24 aitem dan alat ukur OCB oleh Kumar dan Shah (2015) sebanyak 12 aitem. Kedua alat ukur ini telah valid dan reliabel, yaitu 0,826 untuk dimensi conscientiousness, 0,704 untuk dimensi agreeableness, dan 0,839 untuk OCB. Analisis data dalam penelitian menggunakan program IBM SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan secara simultan dari dimensi agreeableness dna conscientiousness terhadap OCB pada pegawai pelayanan publik.