Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan pembelian impulsif (impulsive buying) pada remaja putri akhir yang melakukan pembelian produk fashion secara online di kota Surabaya. Kontrol diri yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Self-Control berdasarkan pada penjelasan Tangney, Baumister dan Boone (2004). Sedangkan, pembelian impulsive (Impulsive Buying) berdasarkan pada Verplanken & Herabadi (2001). Penelitian ini dilakukan pada konsumen online shop dengan jumlah subjek penelitian 160 responden perempuan yang memiliki rentang usia 18-22 tahun. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Self-Control Scale sebanyak 36 aitem dan alat ukur pembelian impulsif (Impulsive Buying) sebanyak 20 aitem. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 22 for Windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi nonparametric spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol diri memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif (impulsive buying) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar - 0,346. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai negatif yang berarti jika kontrol diri semakin meningkat, maka perilaku impulsive buying akan rendah. Nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan hubungan antar variabel yang signifikan. Koefisien korelasi yang ada sebesar -0,346 menunjukkan hubungan antar variabel yang tergolong sedang.