Daftar Isi:
  • Penggunaan sosial media yang mengalami perkembangan yang masif di Indonesia, salah satunya instagram. Hal tersebut membuat proses bisnis mengalami pergeseran, termasuk periklanan.Menentukan strategi yang tepat untuk periklanan akan membantu pemasar dan juga perusahaan untuk mampu mencapai target pasar dan juga target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranperceived relevance danattitude toward adpada pengaruhperceived personalizaation terhadap ad click intention pada iklan bersponsor di instagram. Metode yang digunakan dalam penenelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS).Penyebaran kuisioner dilakukan secara online menggunakan formulir google.Analisis data penelitian ini diuji dengan teknik PLS dengan bantuan software SmartPLS 3.0.Responden dari penelitian ini adalah orang – orang yang menggunakan instagram dan juga yang pernah melihat iklan di instagram stories yang berjumlah 255 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived personalization berpengaruh positif terhadap ad click intention dan perceived relevance.Perceived relevance berpengaruh positif terhadap ad click intention. Selain itu, penelitian ini menunjukkan hubungan antara variabel moderasi attitude toward ad terhadap perceived personalization dan ad click intention.Dimana hasilnya attitude toward ad tidak memoderasi perceived personalization dan ad click intention