Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan penyusunan Program Pembelajaran Individu (PPI) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi guru dan guru pendidikan khusus (GPK) dalam melakukan penyusunan PPI. Pelatihan penyusunan PPI merupakan proses yang didesain dalam menfasilitasi pengalaman belajar guru dan GPK melalui metode presentasi, diskusi, blind case, serta role play mengenai materi inklusi, penyusunan PPI, serta praktik dalam melakukan penyusunan PPI berbasis kolaborasi. Keterampilan kolaborasi guru dan GPK dalam menyusun PPI merupakan kemampuan yang lebih dari sekedar kerjasama tim dalam melakukan penyusunan PPI berdasarkan serangkaian prosedur secara tepat. Kolaborasi sendiri adalah suatu bentuk upaya terkoordinasi sebagai proses belajar untuk merencanakan dan bekerja bersama-sama guna memecahkan masalah sebagai bentuk pencapaian konsensus dari tujuan bersama melalui aspek interdependensi positif, interaksi yang mendukung, akuntabilitas individual dan kelompok, pengembangan keterampilan kerja tim, dan pemrosesan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe pre-experimental design dengan jumlah subyek 19 orang guru dan GPK. Alat ukur yang digunakan adalah dilakukannya pre-test dan post-test soal pengetahuan dan pedoman observasi keterampilan dalam menerapkan kolaborasi menyusun PPI, sebelum dan sesudah diberikannya pelatihan. Data dianalisis menggunakan perhitungan statistik nonparametrik. Berdasarkan perhitungan uji wilcoxon, didapatkan bahwa perbedaan antara hasil pre-test dan post test menunjukkan signifikansi 0,000 (nilai p < 0,05) pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Effect size menunjukkan bahwa intervensi pelatihan penyusunan PPI efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi guru dan GPK dalam menyusun PPI. Hal ini didasarkan perhitungan nilai 0,595 pada aspek pengetahuan dan nilai 0,879 pada aspek keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penyusunan PPI dapat dijadikan solusi dalam mengembangkan keterampilan guru dan GPK, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berkolaborasi dalam menyusun PPI.