Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh gender endorser terhadap niat beli dengan mempertimbangkan sikap atas iklan dan sikap atas merek. Peneliti memutuskan fokus pada produk dari Maybelline karena merek ini sering menerima penghargaan dan sangat digemari masyarakat untuk dijadikan salah satu merek yang harus mereka miliki. Dalam penelitian ini objek yang digunakan adalah produk kosmetik yang umumnya digunakan sehari-hari oleh masyarakat, yakni lipstik. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental yaitu membandingkan gender endorser dengan sikap atas iklan serta pengaruh sikap atas iklan terhadap sikap atas merek, sikap atas iklan terhadap niat beli dan sikap atas merek terhadap niat beli. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswi universitas airlangga. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Path menggunakan AMOS dan Uji Beda Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap atas iklan yang menggunakan endorser Androgini maupun endorser Feminin, akan tetapi tingkat sikap atas iklan dan sikap atas merek mempengaruhi niat beli, sikap atas iklan juga secara positif mempengaruhi sikap atas merek.