Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Praktik Mandiri Bidan merupakan penyedia layanan kesehatan yang memiliki kontribusi cukup besar dalam memberikan pelayanan KIA. Salah satu indikator penting dalam pelayanan adalah kepuasan. Masih banyak ibu hamil yang tidak puas dengan pelayanan ANC yang diberikan. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil dalam menggunakan pelayanan ANC. Metode: Cross sectional,dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 89 orang ibu hamil yang berkunjung ke PMB pada bulan Agustus – September 2019. Variabel bebasnya adalah karakteristik ibu (usia, paritas, pendidikan, pekerjaan), pelayanan, fasilitas pelayanan, dan akses (sistem pembiayaan dan jarak). Variabel terikatnya adalah tingkat kepuasan. Analisis data menggunakan Uji Somers’d dan koefisien kontingensi. Hasil: Faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan yaitu pelayanan, fasilitas pelayanan, dan sistem pembiayaan dengan nilai p<α<0,05. Faktor yang tidak berhubungan dengan tingkat kepuasan yaitu usia, pendidikan, paritas, pekerjaan dan jarak dengan nilai p>α>0,05 . Kesimpulan: Pelayanan yang baik, fasilitas yang baik dan sistem pembiayaan yang digunakan cenderung dapat menghasilkan tingkat kepuasan yang tinggi.