Daftar Isi:
  • Penggunaan skala dalam konteks budaya yang berbeda membutuhkan proses adaptasi agar skor yang diperoleh dapat diperbandingkan secara fair . Utrecht Work Engagement Scale dalam versi 9 item (UWES 9) telah diadaptasi di berbagai negara, namun belum dilakukan di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk melakukan adaptasi terhadap UWES 9 di Indonesia Seratus orang guru sekolah inklusi ya ng berasal dari Solo, Semarang, Surabaya dan Malang menjadi partisipan. Pengambilan data dilakukan secara online dan berbasis kertas. Analisis data menggunakan C onfirmatory F actor A nalysis CFA dan uji Rasch. Hasil analisis menunjukkan UWES 9 memiliki nil ai yang tinggi dalam: interaksi antara person dan item secara keseluruhan (α= 0, 85); reliabilitas pe rson (= 0, 71); dan reliabilitas item (= 0, 95). Nilai person measure (=1 65 logit) dan nilai separation 1 57 menunjukkan terdapat 2 kelompok responden berdasarkan tingkat keterikatan kerja. I tem no 5 memiliki nilai outfit MNSQ > 1 4 yang berarti kurang fit . Terdapat beberapa i tem yang bias terhadap lama mengajar di sekolah inklusi. Pengujian struktur internal dengan CFA menunjukkan bahwa UWES 9 merupakan inst rumen yang bersifat unidimensional dengan nilai goodness of fit yang baik RMSEA = 0, 049; CFI, NFI, & GFI > 0, 95). Dapat disimpulkan UWES 9 memiliki properti psikometris yang baik sehingga dapat digunakan dalam penelitian maupun asesmen.