Pendekatan Lean Six Sigma Sebagai Upaya Peningkatan Kecepatan Proses Dan Kualitas Produksi Mobil Pada PT. Prospect Motor Indonesia
Daftar Isi:
- Meningkatnya persaingan bisnis menuntut akan produk yang berkualitas, bebas dari cacat, dan ketersediaan produk di pasar. Hal ini sangat berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. Kualitas telah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan dalam menghadapi persaingan di lingkungan globalisasi. PT. Prospect otor Indonesia sebagai International Private Company dalam agen tunggal dan perakitan mobil honda, menjadikan kualitas dan kecepatan penyampruan produk kepada konsumen sebagai prioritas utama perusahaan. Berdasarkan prinsip perusahaan untuk selalu mendedikasikan dan menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen, mendefinisikan keinginan pelanggan sebagai keseimbangan antara biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan dengan konsep dari produk berupa performance, fungsi, penampilan, ketahanan, bebas masalah, kemudahan dikendarai, eksterior, interior, standar keselamatan, polusi, dan perbaikan ketika muncul permasalahan. Selain itu tujuan perusahaan untuk selalu meningkatkan efisiensi melalui kebijakan-kebijakan yang diterapkan juga menjadikan kualitas dan kecepatan produksi sebagai fokus perusahaan.metode DMAIC memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode Plan-Do-Check-Act (PDCA) yang diterapkan PT. Prospect Motor Indonesia. Metode PDCA belum mampu mengidentifikasi permasalahan yang muncul serta kesulitan dalam memilih dan menggunakan tools yang akan digunakan. Keberhasilan program peningkatan kualitas yang dilakukan juga sulit diukur dengan menggunakan metode PDCA ini. Proposisi penelitian ini terbukti. Metode Define, Measure, Analyze, Improve, and Control (DMAIC) dalam pendekatan lean six sigma mampu menyajikan data waste di sepanjang value stream, sehingga akan meningkatkan kecepatan proses dan kualitas produksi mobil pada PT. Prospect Motor Indonesia.