Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Kualitas Pelayanan Terminal Osowilangun Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Berdasarkan Metode Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Partial Least Square
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan yang memuaskan akan memunculkan penilaian tersendiri bagi penyedia pelayanan jasa di Terminal Osowilangun. Hal tersebut dapat memunculkan rasa kepuasan dalam menggunakan pelayanan jasa dan pengguna akan melakukan perjalanan kembali melalui Terminal Osowilangun. Tujuan penelitian ini untuk memodelkan dan mengindentifikasi pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap kepuasan dan loyalits pengguna Terminal Osowilangun di Surabaya. Teknik pengambilan data ini menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sejumlah 150 responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui program SmartPLS versi 3.0. Model persamaan yang dianalisis adalah model pengukuran, model struktural, pengujian hipotesis, dan pengujian keseluruhan model. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengguna, variabel perceived value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel perceived value tidak berpengaruh secara signfiikan terhadap loyalitas pengguna, dan variabel kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengguna. Dan secara keseluruhan model didapatkan sebesar 0,60934, yang artinya model memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan data sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan model yang terbentuk adalah valid.