Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari gabungan dua aktivitas intervensi psikologi positif yaitu counting blessings dan three funny things terhadap peningkatan subjective well-being (SWB) siswa SMA. SWB adalah evaluasi kognitif dan afektif individu terhadap kehidupannya yang terdiri atas kepuasan hidup umum, kepuasan dalam domain kehidupan, frekuensi afek negatif, dan frekuensi afek positif. Counting blessings adalah aktivitas dimana siswa setiap harinya menuliskan lima hal yang disyukuri sedangkan three funny things adalah aktivitas dimana siswa setiap harinya menuliskan tiga pengalaman atau hal terlucu yang dialami. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan nonequivalent comparison group design. Partisipan dalam penelitian ini adalah 76 orang siswa SMA dengan rentang usia 15-17 tahun. Kelompok eksperimen terdiri atas 35 orang sedangkan kelompok kontrol terdiri atas 41 orang. Partisipan akan diminta untuk mengisi tiga skala yang mewakili komponen SWB yaitu: SLSS, BMSLSS, dan