Daftar Isi:
  • Airlangga Integrated Service (AIS) adalah sistem temu kembali informasi yang mengintegrasikan proses pelayanan dengan penerapan Teknologi Informasi (TI). Pembangunan system aplikasi AIS bertujuan untuk memberikan pelayanan optimal kepada sivitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai pengguna jasa layanan yang merupakan representasi dari kinerja Unit Layanan Terpadu (ULT) UNAIR yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja AIS di ULT UNAIR. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survai. Adapun populasinya adalah sivitas akademika UNAIR yang memanfaatkan layanan akademik, kemahasiswaan, sarana dan prasarana lingkungan, keuangan, sumber daya manusia, sistem informasi serta aspirasi dan pengaduan. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan kriteria pemakaian AIS >10 kali.Berdasarkan hasil regresi diketahui adanya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai analisa korelasi ganda (R) diketahui makin kuat korelasi/hubungan antar variabel-variabel yang ada. Dengan uji simultan didapatkan adanya pengaruh yang signifikan antara variable independen terhadap variabel dependen dan hal tersebut terbukti dengan nilai F-hitung sebesar 395,964 yang jauh lebih besar daripada F-tabel yang bernilai 2,70. Sedangkan pada uji parsial ditemukan adanya pengaruh yang signifikan pada masing-masing variabel independen terhadap kinerja AIS dengan nilai t-hitung masing-masing variable independen berturut-turut sebesar 2,901, 3,252 dan 5,339 yang lebih besar dari pada t-tabel yang bernilai 1,985. Sedangkan pada uji determinasi ditemukan bahwa variabel kualitas AIS berpengaruh paling dominan dengan nilai t-hitung sebesar 5,339.