Studi Deskriptif Pemanfaatan Layanan E-Resources Perpustakaan Universitas Airlangga Oleh Mahasiswa Magister (S2)
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi yang massif membawa dampak pada pada perubahan preferensi pengguna, dimana saat ini lebih cenderung memanfaatkan sumber informasi elektronik untuk memenuhi kebutuhan informasinya di bidang akademik, tak terkecuali mahasiswa magister (S2). Mahasiswa magister (S2) memiliki tanggung jawab dan tugas yang kompleks, sehingga membutuhkan beragam informasi guna menunjang tugas dan perannya. Perpustakaan perguruan tinggi sebagai pusat informasi berupaya untuk menyediakan sumber informasi yang relevan, beragam yang dikemas dalam layanan e-resources. Namun, realita yang ada e-resources perpustakaan belum dimanfaatkan secara optimal oleh civitas akademik, dikarena masih adanya kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran alasan yang melatarbelakangi mahasiswa magister memanfaatkan layanan e-resources perpustakaan unair, untuk mengetahui interaksi yang terjadi didalam pemanfaatan serta hasil yang diperoleh dari pemanfaatan layanan e-resources. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yang berlokasi di Universitas Airlangga dengan menggunakan 100 mahasiswa magister (S2) sebagai responden, yang didapatkan dengan teknik propotional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan teori Use Oriented dari Tefko Saracevic & Paul B Kantor (1997) yang mencakup tiga dimensi yaitu Reason, Interaktio and Result (R-I-R). Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa e-resources perpustakaan Unair banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa magister (S2) sebagai sumber mencari informasi untuk memenuhi kebutuhan tugas-tugasnya, karena menyediakan beragam sumber informasi karya ilmiah termasuk e-journal dan e-book. Namun, informasi yang ada pada e-resources perpustakaan Unair tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan informasi yang menunjang tugas mahasiswa magister (S2).