Literasi Digital Pada Kalangan Guru Smp Di Surabaya (Studi Deskriptif tentang ICT Literasi Digital Guru SMP dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Surabaya)
Daftar Isi:
- Saat ini literasi digital banyak digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar seiring dengan perkembangan teknologi. Pada tahun 2014 Surabaya mendelekrasikan sebagai kota Literasi, salah satu perwujudannya ialah mengembangkan 17 inovasi pendiikan melalui aplikasi online seperti Jurnal Pendidikan Online, Rapor Online, Try Out Online, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi digital beserta setiap elemennya pada kalangan guru SMP di Surabaya. Teori California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework digunakan sebagai acuan analisis penelitian ini. Terdapat enam elemen pada teori tersebut yaitu Access, Manage, Integrate, Evaluate, Create, dan Communicate. Penelitian ini berfokus pada penggunaan ICT berupa komputer, laptop, smartphone, serta internet. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan metode survey. Teknik pengambilan sampel adalah Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil analisis menunjukkan tingkatan setiap elemen pada literasi digital yaitu pada elemen Access memiliki skor rata-rata berjumlah 4,03 dengan kategori tinggi, pada elemen Manage memiliki skor rata-rata berjumlah 3,92 dengan kategori tinggi, pada elemen Integrate memiliki skor rata-rata berjumlah 4,06 dengan kategori tinggi, pada elemen Evaluate memiliki skor rata-rata berjumlah 3,41 dengan kategori sedang, pada elemen Create memiliki skor rata-rata berjumlah 3,79 dengan kategori tinggi, pada elemen Communicate memiliki skor rata-rata berjumlah 3,75 dengan kategori tinggi. Dari keenam elemen tersebut, lima diantaranya memiliki kategori tinggi kecuali Evaluate yang memiliki kategori sedang. Literasi Digital guru SMP di Surabaya dengan jumlah total rata-rata 3,82 dan memiliki kategori tinggi.