Daftar Isi:
  • Dewasa ini, reksa dana merupakan instrumen investasi yang paling digemari oleh masyarakat. Demikian pula kondisi penjualan reksa dana yang terjadi di Bank Mandiri secara nasional dan regional. Namun demikian, peningkatan penjualan reksa dana di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Region VIII / Jawa 3 laju pertumbuhannya masih di bawah pertumbuhan Bank Mandiri secara nasional. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi untuk meningkatan jumlah penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian ini deskriptif, dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi peningkatan penjualan reksa dana. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisa Porter’s five forces dan konsep internal eksternal (IE) matrix. Hasil menunjukkan bahwa posisi strategik Bank Mandiri adalah hold and maintain. Strategi yang bisa dikembangkan oleh perusahaan adalah intensive strategy, yakni melakukan penetrasi pasar, mengembangkan pasar, dan mengembangkan produk.