Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Locus Of Control Terhadap School Well-Being Mahahasiswa Perantau Tahun Pertama Universitas Airlangga Di Surabaya
Daftar Isi:
- School Well-Being ialah penilaian subjektif peserta didik atau mahasiswa terhadap kampus terkait empat aspek yang ada yakni having, loving, being dan health status yang berpengaruh pada kesejahteraan mahasiswa (Konu & Rimpela, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian sosial, dukungan sosial teman sebaya, dan locus of control terhadap school wellbeing pada mahasiswa perantau di Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga variabel bebas yaitu penyesuaian sosial, dukungan sosial teman sebaya, locus of control, dan satu variabel terikat yaitu school well-being. Data penelitian ini diperoleh dari 289 mahaisiswa perantau di Universitas Airlangga Surabaya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling. Penelitian ini menggunakan skala penyesuian sosial yang dikembangkan oleh Widjaya (2017), skala dukungan sosial teman sebaya oleh Wuryaningsih (2018), locus of control oleh Syam (2013), dan school well-being oleh Larasati (2017). Analisis data penelitian menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian sosial, dukungan sosial teman sebaya, dan locus of control memberikan sumbangsih sebesar 36% dengan nilai signifikansi sebesar p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh antara penyesuaian sosial, dukungan sosial teman sebaya, dan locus of control terhadap school well-being pada mahasiswa perantau di Universitas Airlangga Surabaya