Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived stress dan adjustment terhadap academic performance pada Mahasiswa Belu Malaka Nusa Tenggara Timur di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta, dengan jumlah subjek sebanyak 130 orang. Alat pengumpulan data berupa kuisioner mengenai perceived stress yang dikembangkan oleh Cohen dan Williamson (1988), yang merupakan skala multiaitem yang terdiri dari sepuluh item. Adjustment yang diadaptasi oleh Baker Bakery (2002) yang terdiri dari empat dimensi yaitu penyesuaian akademik, penyesuaian social, penyesuaian emosi dan kelekatan. Teknik analisis data menggunakan model regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan IBM SPSS Statistic 22.0 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai R square 0,036 menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perceived stress dan adjustment terhadap academic performance. Besarnya sumbangan yang diberikan 3,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel dan hasil penelitian lain. Hasil uji regresi secara terpisah menunjukan variabel bebas perceived stress secara signifikan mempengaruhi academic performance mahasiswa Belu-Malaka Nusa Tenggara Timur Yogyakarta, sedangkan variable bebas Adjustment tidak berpengaruh signifikan terhadap variable academic performance mahasiswa Belu Malaka Nusa Tenggara Timur di Yogyakarta.