Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Remaja Panti Asuhan “X” Surabaya. Dalam penelitian ini, variabel peer attachment mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Armsden dan Greenberg (2009), sedangkan variabel regulasi emosi dalam penelitian ini mengacu pada teori Thompson (1994). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu perstiwa hingga menguji sebuah teori. Penelitian ini dilakukan pada remaja di Panti Asuhan “X” di Surabaya yang berusia antara 15-18 tahun sebanyak 37 remaja. Terdapat dua alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa kuisioner IPPA (Inventory of Parent and Attachment) milik Armsden dan Greenberg (2009) dengan nilai reliabilitas 0,92 yang terdiri dari 25 aitem dan kuisioner regulasi emosi milik Ubaidillah (2014) yang disusun berdasarkan teori Thompson (1994) dengan nilai reliabilitas 0,814 terdiri dari 33 aitem. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Pearson Product-Moment dengan bantuan SPSS 24.00 for Windows. Hasil analisis uji korelasi antara peer attachment dengan regulasi emosi memiliki nilai signifikansi (p) sebesar 0,011 dengan koefisien korelasi sebesar 0,415 yang artinya terdapat hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi pada remaja yatim piatu di Panti Asuhan dan hubungan antara variabel peer attachment dengan regulasi emosi tergolong sedang dan menyatakan arah hubungan yang positif (+) yang berarti apabila peer attachment tinggi maka regulasi emosi tinggi pula, dan sebaliknya, apabila peer attachment rendah, maka regulasi emosi juga rendah.