PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT KELUAR DI DEPARTEMEN SEKRETARIS PERUSAHAAN PT KAWASAN INDUSTRI GRESIK
Daftar Isi:
- Berdasarkan rumusan masalah dan pembahasan mengenai Prosedur Pengelolaan Surat Keluar di Departemen Sekretaris Perusahaan PT Kawasaan Industri Gresik, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Prosedur pengelolaan surat keluar di departemen sekretaris perusahaan PT Kawasan Industri Gresik meliputi pembuatan konsep surat; pengetikan surat; persetujuan surat; penomoran dan pencatatan surat; penandatanganan surat; pemberian stempel; pengiriman surat; penggandaan surat; pendistribusian internal surat; penyimpanan surat. Staf yang mengelola surat keluar di Departemen Sekretris Perusahaan hanya satu orang namun pengelolaan mampu berjalan dengan baik dan lancar. 2. Kendala-kendala dalam pengelolaan surat keluar a. Penomoran surat keluar yang ganda yaitu nomor surat sama dengan perihal berbeda; b. Surat keluar yanng dibuat oleh departemen lain jarang dikoreksi oleh Manajer Departemen, ketika proses pengetikan surat pegawai haruslah teliti dangan pilihan kata atau kalimat yang digunakan; c. Seringkali pembuat surat tidak membuat surat keluar sebanyak 2 (dua) rangkap, sehingga staf departemen sekretaris perusahaan harus menagih surat tersebut untuk lakukan pengarsipan.