Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji perbedaan penggunaan ad relevance dan ad salience digital advertising terhadap anger, perceived goal impediment, dan ad avoidance menggunakan uji MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji structural equation modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS 25.0. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (high relevance vs low relevance) x 2 (large ad vs small ad) dan mengumpulkan data dari 120 partisipan dari kalangan mahasiswa. Stimuli penelitian ini berupa situs website yang berisi artikel pariwisata dan nonpariwisata yang disematkan iklan online travel agent di dalamnya yang telah disesuaikan tingkat relevansi dan ukuran iklannya dengan artikel yang disajikan. Variabel terukur anger (5 indikator), perceived goal impediment (5 indikator), dan ad avoidance (7 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dari hasil main effect penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan ad relevance yang berbeda memberikan pengaruh berbeda terhadap anger dan perceived goal impediment. Penggunaan ad salience juga memberikan pengaruh berbeda terhadap anger dan perceived goal impediment. Ditemukan pula interaction effect antara ad relevance dan ad salience terhadap anger dan perceived goal impediment. Kemudian dalam penelitian ini ditemukan bukti bahwa perceived goal impediment berpengaruh positif menimbulkan anger, anger berpengaruh positif menimbulkan ad avoidance dan perceived goal impediment berpengaruh positif menimbulkan ad avoidance.