ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT BOMA BISMA INDRA (PERSERO)
Main Author: | MOCH. FICHRI ARDIANTO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/93361/1/B%20395%2019%20Ard%20a%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/93361/2/B%20395%2019%20Ard%20a%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/93361/3/B%20395%2019%20Ard%20a%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/93361/4/B%20395%2019%20Ard%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/93361/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- PT. Boma Bisma Indra (Persero) merupakan salah satu perusahaan negara yang didirikan pada tahun 1971 dan bergerak dalam bidang industri strategis. Industri startegis yang dimaksud adalah industri pengolahan yang memproses output dari industri dasar menjadi barang bernilai tambah yang tinggi. Produk hasil industri ini mencakup pembuatan gedung pabrik, alat-alat produksi pabrik, dan jasa yang berhubungan dengan manajemen proyek. PT Boma Bisma Indra (Persero) memiliki supplier guna memenuhi ketersediaan bahan baku. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa penilaian terhadap supplier perlu dilakukan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan perusahaan, adapun kriteria dalam menentukan supplier terbaik yaitu : Price, Delivery, Quality, Service, Invoice. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan mengguankan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan program Expert Choice 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima pemilihan supplier yang harus dipenuhi sebelum melakukan pembelian barang kebutuhan proyek yaitu Price, Delivery, Quality, Service dan Invoice. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Quality berada diposisi pertama dengan nilai (0.306), selanjutnya posisi kedua Price (0.273), selanjutnya posisi ketiga Delivery (0.174), selanjutnya posisi keempat Invoice (0.140) dan posisi terakhir adalah Service (0.106). Berdasarkan hasil penelitian juga diperoleh hasil bahwa Supplier A menduduki peringkat pertama dari lima pilihan supplier dengan lima kriteria pembobotan atau kriteria pemilihan supplier dengan nilai sebesar (0.312).