Daftar Isi:
  • PT. Petrokimia Gresik saat ini sudah cukup bagus dalam penerapan strategi-strategi yang ada. Khususnya di dalam penerapan strategi pada produk Petrofish. ada beberapa hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan strategi pemasaran produk. Hal tersebut adalah kombinasi empat variabel yang pada umumnya dikenal sebagai Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi. Saat ini Petrofish mengambil 2% - 5% dari pangsa pasar yang ada. Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS) tahun 2017 Luas Area Budidaya Perikanan Menurut Provinsi Jawa Timur dan Jenis Budidaya Perikanan sebesar 224.839 hektare, yang sesuai dengan market place dari Petrofish yaitu mengambil Provinsi Jawa Timur sebagai market place nya. Sedangkan jika dilihat dari data penjualan Petrofish pada tahun 2017 mencapai 12.792 liter. Oleh karena itu jika dilihat dari setiap penggunaan 1 liter Petrofish bisa digunakan dalam 1 hektar tambak, maka untuk melihat berapa persen tambak menggunakan Petrofish dengan membagi jumlah penjualan Petrofish dengan luas tambak Provinsi Jawa Timur kemudian dikalikan dengan 100%. Hasilnya ialah 5,6% yang dengan demikian Petrofish sudah memenuhi bahkan melebihi dari target pasar sebesar yang sebelumnya penetapan pangsa pasar yang diambil 2% - 5% yang bisa menjadi 5,6%.