RENCANA PEMASARAN MARKETING 4.0 KLINIK KESEHATAN ANAK DAN LAYANAN TERPADU BERDASARKAN TINGKAT LOYALITAS DI RS ADI HUSADA KAPASARI
Main Author: | SILVIA HANIWIJAYA TJOKRO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/92851/1/TKA%2059%2019%20Tjo%20r%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/92851/2/TKA%2059%2019%20Tjo%20r%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/92851/3/TKA%2059%2019%20Tjo%20r%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/92851/4/TKA%2059%2019%20Tjo%20r.pdf http://repository.unair.ac.id/92851/ https://www.ijphrd.com |
Daftar Isi:
- Kunjungan klinik kesehatan anak dan layanan terpadu di RS Adi Husada Kapasari (RSAHK) menurun pada periode tahun 2015 – 2017. Marketing 4.0 dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan kunjungan klinik kesehatan anak dan layanan terpadu di RSAHK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi marketing 4.0 untuk meningkatkan jumlah kunjungan klinik kesehatan anak dan layanan terpadu di RSAHK. Penelitian ini merupakan analitik observasional. Sampel yang diambil sebanyak 175 responden dengan pengambilan sampel dilakukan di klinik kesehatan anak, layanan terpadu, dan 2 kilometer daerah jangkauan efektif RSAHK. Hasil wawancara mendalam dan focus group discussion dengan pimpinan RSAHK memperlihatkan masih belum maksimalnya penggunaan media sosial, jumlah asuransi yang kurang banyak bergabung dengan RSAHK, belum terbentuk komunitas khusus untuk anak berkebutuhan khusus, belum ada aplikasi ponsel dan sistem pendaftaran online, dan belum terintegrasinya SIM RS secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan customer path di kedua layanan tersebut adalah pola corong, sehingga RSAHK harus meningkatkan komitmen dan afinitasnya melalui pemasaran saluran omni, pembentukan aplikasi ponsel, CRM sosial, dan gamifikasi. Peningkatan yang dilakukan yaitu menambahkan misi rumah sakit, membuat aplikasi ponsel yang mempunyai semua informasi pelayanan dan kemudahan transaksi, pengembangan website, media sosial, dan aplikasi SMS gateway, meneliti tiap tahap 5A (aware, appeal, ask, act, advocate). Selanjutnya bekerjasama dengan pihak ketiga, dan pembuatan tim khusus pemasaran, membuat atau bergabung dengan komunitas luar, membentuk sistem informasi sosial, meningkatkan kerjasama dengan asuransi kesehatan lain, serta pemberian reward kepada pelanggan yang sering melakukan transaksi.