Daftar Isi:
  • Puskesmas Keputih adalah salah satu puskesmas dengan jumlah kunjungan siswa SD yang tidak melakukan perawatan di puskesmas rujukan UKGS dalam empat tahun terakhir terus-menerus mengalami peningkatan. Rata-rata angka kunjungan yang tidak mendapat perawatan di Puskesmas Keputih masih jauh dari target yaitu sebesar 38,14% dari target Depkes RI sebesar 80%. Upaya peningkatan kunjungan ke poli gigi Puskesmas Keputih akan dilakukan dengan pendekatan customer engagement agar terbangun kepercayaan dan komitmen orang tua siswa SD secara emosional serta kognitif pada hubungan jangka panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dan pengumpulan data dilakukan secara cross sectional. Penelitian dilakukan di SDN Keputih 245 dan SDN Medokan Semampir 1. Sampelnya adalah seluruh orang tua dari siswa SDN Keputih 245 dan SDN Medokan Semampir 1 yang telah diperiksa kondisi gigi dan mulutnya pada kegiatan UKGS dan membutuhkan pelayanan gigi dan mulut di poli gigi yang berjumlah 66 orang. Berdasarkan hasil analisis uji statistik dan tabulasi silang dihasilkan kesimpulan yaitu promosi berpengaruh kuat terhadap engagement; satisfaction dan advocacy berpengaruh kuat terhadap kunjungan siswa ke poli gigi; retention dan engagement ada kecenderungan hubungan terhadap kunjungan siswa ke poli gigi. Rekomendasi terhadap peningkatan kunjungan siswa SD pada program UKGS ke poli gigi Puskesmas Keputih melalui customer engagement adalah meningkatkan promosi, feedback, peran serta orang tua terhadap program UKGS.