UPAYA PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA (LANSIA) BERDASARKAN ANALISIS CUSTOMER VALUE DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA
Main Author: | VEBY ANDRIANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/92742/1/TKA%2038%2019%20And%20u%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/92742/2/TKA%2038%2019%20And%20u%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/92742/3/TKA%2038%2019%20And%20u%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/92742/4/TKA%2038%2019%20And%20u.pdf http://repository.unair.ac.id/92742/ https://www.ijphrd.com |
Daftar Isi:
- Cakupan pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas Kota Surabaya pada tahun 2017 belum mencapai target 100% yakni masih mencapai sebesar 69,56%. Rendahnya partisipasi lansia terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas salah satunya dapat disebabkan oleh aspek customer value yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi peningkatan pelayanan kesehatan lansia berdasarkan analisis customer value di Puskesmas Kota Surabaya. Metode penelitian ini adalah observasional dengan rancang bangun cross-sectioanal. Populasi dalam penelitian ini lansia di wilayah kerja 5 Puskesmas Kota Surabaya yang dipilih secara random. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling untuk mendapatkan 5 Puskesmas dan Consequtif random sampling untuk mendapatkan 370 lansia di wilayah kerja Puskesmas yang terpilih. Hasil analisis menunjukkan bahwa umur, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir, skala depresi, status gizi lansia, SDM, dan jarak rumah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi lansia pada pelayanan kesehatan yang diterima, sedangkan ADL, fasilitas dan dukungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi lansia pada pelayanan kesehatan yang diterima. Persepsi lansia pada pelayanan kesehatan lansia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer value lansia. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan lansia yaitu pihak Puskesmas sebaiknya memberi perhatian khusus pada lansia terutama pada lasian yang berusia > 70 tahun dengan menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman misalkan menyediakan tempat duduk khusus lansia. Dan meningkatkan customer value lansia terhadap pelayanan kesehatan lansia dari segi manajemen waktu misalnya meminimalisir waktu antrian untuk lansia, ini bisa mengurangi pengorbanan waktu dan energi yang dikeluarkan oleh lansia.