Daftar Isi:
  • Pasar Semarangan Tinjomoyo merupakan salah satu destinasi wisata baru di Kota Semarang yang menggunakan Instagram sebagai media promosi utama. Penelitian bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh jenis media richness dan visual complexity konten Instagram terhadap kualitas informasi dan citra destinasi Pasar Semarangan Tinjomoyo dengan menggunakan teknik analisis uji Manova. Selain itu, pengaruh kualitas informasi terhadap citra destinasi juga diidentifikasi dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain between subject factorial 2 x 2 yang melibatkan 160 orang partisipan melalui teknik randomisasi. Sebelum melakukan tes utama, peneliti melakukan cek manipulasi untuk memastikan bahwa partisipan memahami stimulus yang disiapkan peneliti. Pada uji main effects ditemukan bahwa konten Instagram yang menggunakan media richness jenis ‘rich’ menghasilkan persepsi atas kualitas informasi yang lebih positif dibandingkan menggunakan media richness jenis ‘lean’. Artinya, konten berupa video yang dilengkapi audio lebih baik daripada konten berupa foto. Namun, media richness bukan faktor penyebab yang dapat memberikan efek pada persepsi audiens atas citra destinasi. Uji main effects juga tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat antara faktor visual complexity dengan efek persepsi audiens terhadap kualitas infomasi dan citra destinasi. Selain itu, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kualitas informasi berpengaruh terhadap citra destinasi. Hal itu berarti semakin bagus kualitas informasi pada konten Instagram, maka semakin positif citra destinasi.