STRATEGI KOMUNIKASI DINKOMINFO KOTA SURABAYA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KINERJA PEMERINTAH KOTA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL
Main Author: | Failasuf Filantropi, 071214853041 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/92591/1/TP%2013%2019%20Fil%20s%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/92591/2/TP%2013%2019%20Fil%20s%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/92591/3/TP%2013%2019%20Fil%20s%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/92591/4/TP%2013%2019%20Fil%20s.pdf http://repository.unair.ac.id/92591/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi komunikasi melahirkan new media yang mengubah distribusi informasi di seluruh dunia. Kehadiran new media juga memberikan akses untuk menyebarkan informasi kepada seluruh penggunanya. Perubahan ini tentunya patut menjadi perhatian bagi Humas pada lembaga pemerintahan. Humas di lembaga pemerintahan seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya (Dinkominfo Kota Surabaya) dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan warganya dengan menggunakan paradigma baru, meninggalkan cara lama yang bersifat one way communication. Upaya tersebut diwujudkan oleh Dinkominfo Kota Surabaya dengan memanfaatkan media sosial. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh Dinkominfo Kota Surabaya dalam mengkomunikasikan kinerja pemerintahan kota Surabaya melalui media sosial. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan narasumber dan dokumentasi konten media sosial milik Dinkominfo Kota Surabaya, kemudian dianalisa dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinkominfo Kota Surabaya memiliki target audien masyarakat usia produktif yaitu 18 s.d. 34 tahun; Domisili, target audien Dinkominfo Kota Surabaya didominasi oleh penduduk kota Surabaya yang dikenal memiliki kultur arek. Dinkominfo Kota Surabaya merancang pesan yang akan disampaikan melalui media sosial menyesuaikan dengan karakter target audiennya yang didominasi oleh kalangan produktif dan berdomisili di Kota Surabaya. Kemudian pesan dirancang dan disampaikan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap media sosial yang digunakan.