EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION ) DI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER BAGI KALANGAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR
Daftar Isi:
- Program pendidikan pengguna merupakan salah satu bentuk upaya perpustakaan perguruan tinggi dalam meningkatan kemampuan literasi informasi pemustaka/mahasiswa. Program pendidikan pengguna perpustakaan dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pembinaan kepada pemustaka/mahasiswa agar dapat memanfaatkan perpustakaan dan melakukan penelusuran informasi secara efektif dan efisien. Pada umumnya program pendidikan pengguna hanya diperuntukan kepada para mahasiswa/pemustaka, namun terdapat pula program pendidikan penggunak yang memang diperuntukan untuk semua kalangan mahasiswa/pemustaka termasuk mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode purposive random sampling sebagai metode pengambilan sample dan mahasiswa tingkat akhir Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai populasi penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model efektivitas program dari Kirkpatrick, yang mana pada model tersebut efektivitas sebuah program dapat diketahui melalui empat tingkatan yakni reaction, learning, behavior, dan result. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari empat tingkatan tersebut telah masuk dalam kategori Tinggi sedangakan terdapat satu tingkatan yang masuk dalam kategori sedang, yakni tingkatan behavior. Apabila dilihat secara keseluruhan maka dapat dikatakan bahwa program pendidikan pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah efektif, namun perlu adanya perhatian terhadap aksessibilitas layanan agar apa yang telah di pelajari oleh pemustaka pada program tersebut bisa menjadi kebiasaan dan menghasilkan tingkatan behavior yang tinggi.