PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN TRAFFIC LIGHT CARD TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI PELAJAR SMAN 6 SURABAYA

Main Author: KHAIRINA FADIAH HIDAYATI, 101511233043
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/91641/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/91641/2/dafatr%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/91641/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/91641/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/91641/
Daftar Isi:
  • Remaja dapat mengalami masalah gizi, salam satunya adalah obesitas. Apabila seorang remaja mengalami obesitas, Ia memiliki risiko lebih besar untuk mengalami penyakit degenarif di daur hidup selanjutnya. Salah satu penyebab obesitas remaja adalah tingginya konsumsi makanan cepat saji, dan hal ini dapat diatasi melalui edukasi nilai-nilai gizi yang terkandung pada makanan cepat saji. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh traffic light card sebagai media edukasi nilai gizi terhadap pengetahuan, sikap, konsumsi makanan cepat saji, serta asupan zat gizi pelajar SMAN 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment design dengan model equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 58 pelajar yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Sampel dipilih secara clustered random sampling. Kelompok perlakuan diberi edukasi dengan menggunakan media booklet traffic light card, sedangkan pada kelompok kontrol, media yang digunakan adalah booklet tabel informasi gizi. Variabel karakteristik yang diukur adalah usia, jenis kelamin, uang saku, pendapatan orang tua, serta peer influence terhadap makanan cepat saji. Variabel lainnya yaitu pengetahuan, sikap, konsumsi makanan cepat saji, serta asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Perbedaan dari data sebelum dan setelah edukasi diuji dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test dan Mann- Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari pengetahuan responden, baik pada kelompok perlakuan maupun kontrol antara sebelum dan sesudah edukasi. Terdapat penurunan yang signifikan pada sikap responden. Pada variabel konsumsi makanan cepat saji, terdapat perbedaan signifikan hanya pada beberapa makanan. Konsumsi energi, protein, lemak, dan karbohidrat responden hanya berbeda signifikan pada saat berpuasa. Konsumsi serat tidak mengalami perbedaan signifikan. Terdapat perbedaan signifikan antara penambahan pengetahuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan pada pengetahuan responden setelah diberi edukasi dengan booklet traffic light card. Diperlukan penyampaian kandungan makanan cepat saji dengan media traffic light card.