Daftar Isi:
  • Remaja putri termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap anemia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah anemia. Salah satunya yaitu promosi kesehatan melalui media iklan layanan masyarakat terkait pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan, sikap, persepsi dan niat remaja putri sebelum dan sesudah terpapar media iklan layanan masyarakat “Tablet Tambah Darah”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekseperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini yaitu menonton Iklan Layanan Masyarakat “Tablet Tambah Darah Versi Selfie” (kelompok eksperimen) dan Video “Sehat, Cerdas, dan Cantik Tanpa Anemia” (kelompok kontrol). Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan kuesioner dengan subjek penelitian berjumlah 60 subjek. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan pengetahuan (p=0,00), sikap (p= 0,042), persepsi (p= 0,00) dan niat (p= 0,006) siswi sesudah menonton iklan pada kelompok eksperimen. Terdapat perbedaan pengetahuan siswi sesudah menonton iklan pada kelompok kontrol (p= 0,00). Namun, perbedaan sikap (p= 0,469), persepsi (p= 0,121) dan niat (p= 0,071) siswi tidak terjadi pada kelompok kontrol walaupun sudah menonton media iklan. Namun, terdapat perbedaan sikap, persepsi dan niat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebagian besar responden memberikan nilai cukup terhadap pesan iklan pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol, sebagian besar responden memberikan baik terhadap pesan iklan.