IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN SIDOTOPO 1 DAN SDN AIRLANGGA 1 KOTA SURABAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana proses implementasi pada Program Pendidikan Inklusif di SDN Sidotopo 1 dan SDN Airlangga 1 Kota Surabaya. Penelitian ini dianggap penting karena pada program ini untuk memberikan kesempatan yang sama kepada anak berkebutuhan khusus dalam mendapatkan akses pendidikan. Teori yang digunakan yaitu teori Mazmanian dan Paul Sabatier terkait faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive dan dilanjutkan dengan snowball dengan total 21 informan yang terdiri dari pemerintah daerah, kepala sekolah, guru, dan wali murid. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji pemeriksaan keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil temuan data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada Program Pendidikan Inklusif di SDN Sidotopo 1 dan SDN Airlangga 1 Kota Surabaya sudah dilaksanakan dengan peraturan yang cukup jelas, partisipasi pihak sekolah dan anak berkebutuhan khusus yang aktif, serta dapat meningkatkan kemampuan anak berkebutuhan khusus dalam menjadi individu yang mandiri. Namun masih jumlah guru pendamping khusus dan alat peraga masih kurang sehingga menghambat pelaksanaan program ini.